Tuesday, July 9, 2013

6 Tip Hindari Stres Saat Liburan


Liburan sekolah tengah berlangsung. Dan, dalam satu bulan ke depan, libur hari raya pun datang. Segala keperluan liburan tentu sudah dipersiapkan. Meskipun demikian, tak jarang liburan justru membuat stres. Jadwal penerbangan yang ditunda, kemacetan, atau justru kesiapan pribadi menjadi pembuat onar dalam liburan.

Liburan, yang seharusnya menjadi ritual penyegaran, justru berubah menjadi tekanan. Untuk menghindari hal itu, berikut adalah beberapa hal sederhana yang perlu diingat ketika sedang bepergian, seperti dilansir dalam situs Discovery Health, Rabu, 3 Juli 2013.

1. Jadwal penerbangan
Pastikan baik-baik kapan waktu penerbangan, jangan sampai salah melihat jam yang tertera. Pastikan sampai di bandara paling tidak 1 jam sebelum penerbangan. Pikirkan pula kemungkinan adana kemacetan atau demonstrasi. Pasalnya, hal ini sering kali menjadi faktor yang membuat wisatawan ketinggalan pesawat.

2. Jadilah proaktif jika terjadi kesalahan
Jangan mudah marah atas sesuatu yang tidak disukai. Ingatkan keluarga atau rekan seperjalanan untuk berhati-hati supaya tidak membuat kesalahan yang akhirnya merugikan rombongan. Jika kesalahan sudah terlanjur terjadi, segera pikirkan solusi. Jangan tunggu orang lain bergerak. Semakin cepat masalah ditangani maka semakin lancar perjalanan.

3.  Siapkan salinan data diri
Selalu siapkan salinan KTP, paspor, atau SIM kemanapun Anda pergi.  Tempatkan salinan di tempat yang berbeda dengan identitas diri yang asli. Jika identitas data diri asli hilang maka akan ada cadangannya.

4. Jangan berlebihan
Hanya karena Anda sedang berlibur tidak berarti Anda harus berlebihan. Pahami batasan. Tidur, makan, dan beraktivitaslah dengan cukup. Jangan sampai kesehatan menurun saat kembali dari berlibur.

5. Bepergian sendirian
Sesekali, bepergian sendirian justru bisa lebih bermanfaat. Menjauhlah dari rombongan. Nikmati waktu untuk diri sendiri.

6. Bersiap diri untuk segala kemungkinan

Meskipun segala sesuatu telah direncanakan dengan baik, ada kalanya itu keluar dari rencana. Jadwal penerbangan yang tertunda, cuaca yang buruk, atau tersesat bisa jadi masalah. Oleh sebab itu, pikirkan segala kemungkinan yang terjadi. Jangan mudah jatuh saat masalah menerpa di perjalanan.

No comments:

Post a Comment